Rabu, 18 Mei 2011

II. TINJAUAN PUSTAKA

Peranan Angin Bagi Kehidupan
Perkembangbiakan tumbuh-tumbuhan yang dilakukan oleh manusia, khususnya mengawinkan pohon kurma, dimana perkembangbiakan tersebut adalah merupakan keinginan manusia. Akan tetapi perkembangbiakan sebagian dari pohon-pohon berkelamin jantan kepada pohon berkelamin betina, dilakukan oleh angin. Percayakah Anda bahwa jika tidak ada perkembangbiakan melalui angin maka tidak akan didapati buah yang baik di bumi ini? Perkembangbiakan melalui angin juga mempunyai dampak pada pohon kurma. Perkembangbiakan melalui angin ini, ibaratnya pengambilan serbuk pada pohon dan meletakkannya pada pohon lain yang sejenisnya. Bahkan perkembangbiakan tumbuhan juga dapat dilakukan dengan perantaraan serangga.
Yang perlu diingat bahwa contoh di atas adalah sebuah metode perkembangbiakan dari bantuan angin, seberapapun bantuan angin tersebut sangatlah berharga bagi kelanjutan generasi tumbuh-tumbuhan. Angin, dengan segala bantuannya yang begitu besar dan dilakukan secara berkelanjutan, apakah dia sendiri yang menginginkannya atau ada yang lain mengarahkannya?
Apakah Anda mengetahui bahwa manfaat angin bagi makhluk hidup dan tumbuh-tumbuhan begitu sangat berarti? Dan apakah Anda mengetahui betapa luar biasanya sistem yang terkandung di dalam hembusan angin bagi dunia ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar